Soko Bisnis

Trending Kata Kunci Top Up GoPay, kok Bisa Saldo Terpotong tapi Tidak Masuk

Dompet Digital. Error top up GoPay bikin heboh! Saldo terpotong tapi tak kunjung masuk ke akun pengguna. Dari pengakuan korban hingga solusi resmi dari Gojek.

By Cikal Sundana  | Sokoguru.Id
04 Agustus 2025
<p>Error top up GoPay bikin heboh! Saldo terpotong tapi tak kunjung masuk ke akun pengguna. Dari pengakuan korban hingga solusi resmi dari Gojek, berikut kronologi lengkap gangguan layanan dompet digital ini.</p>

Error top up GoPay bikin heboh! Saldo terpotong tapi tak kunjung masuk ke akun pengguna. Dari pengakuan korban hingga solusi resmi dari Gojek, berikut kronologi lengkap gangguan layanan dompet digital ini.

SOKOGURU - Pada Senin siang, 4 Agustus 2025, sejumlah pengguna GoPay mengeluhkan kegagalan saat melakukan top up saldo. 

Masalah ini ramai diperbincangkan di media sosial dan beberapa platform digital, karena banyak yang mengalami saldo rekening terpotong namun tidak masuk ke akun GoPay mereka.

Terpantau, ada sejumlah laporan kendala ini mulai bermunculan sekitar pukul 12.00 WIB. Salah satu pengguna, Yana (26) warga Jakarta Timur, menyampaikan, telah melakukan dua kali top up—masing-masing sebesar Rp200.000 dan Rp100.000. Meski sistem mencatat transaksi berhasil, saldo GoPay miliknya tetap tidak bertambah.

“Udah top up Rp300.000 gak masuk. Saldo rekening kepotong tapi gak masuk saldo GoPay. Di history Gojek-nya juga tertulis top up berhasil tapi saldo tetep gak masuk,” ujar Yana kepada sokoguru.id pada Senin, 4 Agustus 2025.

Ia menambahkan, akibat gangguan tersebut, ia kesulitan melanjutkan aktivitas harian karena tidak bisa memesan layanan Gojek.

“Imbas error, gue gak bisa naik Gojek dari stasiun ke kantor. Error-nya di jam makan siang, pasti banyak yang kesusahan,” tambahnya.

Ia mengaku sudah melapor melalui fitur bantuan di aplikasi GoPay dan diminta mengisi formulir pengaduan. Namun hingga wawancara dilakukan, saldo yang dimaksud belum juga masuk.

Sementara itu, tim sokoguru.id mencoba melakukan top up di dua akun berbeda, dan keduanya berhasil. 

Namun, di platform media sosial X (sebelumnya Twitter), sejumlah pengguna masih menyuarakan keluhan serupa.

“Gopay lagi ada error kah min? W ngetes pesen Gojek, kupikir cuma saldonya blom keupdate di beranda, ternyata emang blom masuk tapi notifnya bilang udah masuk?” tulis akun @angel1825_.

“Hello @gojekindonesia aku top up gopay 2 kali, ada notif masuk, tp gak ada penambahan saldo. Please help,” keluh akun @leony_ip.

“Abis top up gopay tapi saldo ga masuk, memang lagi ada kendala atau bagaimana ya?” cuit @glowinthedark66.

Hingga berita ini diterbitkan, sokoguru.id masih menunggu keterangan resmi dari pihak GoPay terkait penyebab gangguan sistem ini.

Meski belum ada konfirmasi, laman bantuan resmi GoPay memberikan beberapa langkah yang dapat dilakukan pengguna saat mengalami kendala serupa:

Cara Mengatasi Top Up GoPay Gagal Masuk:

- Periksa Nomor Tujuan: Pastikan nomor akun yang dituju benar.

- Cek Riwayat Transaksi: Transaksi top up yang berhasil akan tercatat di halaman ini.

- Pantau Batas Saldo: Pastikan saldo GoPay belum melebihi batas maksimum.

- Muat Ulang Aplikasi: Tutup lalu buka kembali aplikasi GoPay.

Jika Saldo Tetap Belum Masuk:

GoPay menyarankan pengguna menunggu hingga maksimal 2×24 jam pada hari kerja. 

Jika dalam jangka waktu tersebut saldo tetap tidak bertambah, segera laporkan melalui fitur Pusat Bantuan di aplikasi Gojek. (*)